Resume MDW 3 : Rural Tourism and Recreation 1.1



Rural Tourism atau wisata pedesaan merupakan suatu bentuk pariwisata minat khusus, berlokasi disebuah kawasan pedesaan yang memiliki karakteristik unik, dimana destinasi wisata ini menawarkan daya tarik wisata berupa suasana asli pedesaan, baik dari tradisi dan budaya yang masih dipegang masyarakat, makanan khas, sistem pertanian dan struktur tata ruang desa sehingga wisatawan dapat melihat dan merasakan langsung kearifan lokal yang masih ada dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Desa wisata sebagai daerah tujuan wisata tentu perlu ditunjang dengan fasilitas yang memadai dan berbagai atraksi kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan. Fasilitas tersebut dapat berupa penginapan/homestay, restoran/warung makan, sedangkan kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan dipedesaan antara lain :


1.      Touring
Salah satu kegiatan wisata desa dimana wisatawan mengeksplor atau menelusuri jalan pedesaan sambil disuguhkan pemandangan pedesaan yang asri. Touring dapat dilakukan dengan cara hiking, menunggang kuda, menggunakan mobil van, atau dengan motor, bersepeda, dan naik keledai.
2.      Wisata air
Berbagai kegiatan yang berhubungan langsung dengan air seperti memancing, berenang, arung jeram, kayak atau kano, speedboat racing dan lain sebagainya.
3.      Kegiatan yang berhubungan dengan angin
Tidak semua wisata pedesaan memiliki kegiatan ini, selain harga perawatannya yang mahal, resiko untuk wisatawan juga tinggi. Kegiatannya seperti menaiki balon udara, paralayang dan lainnya juga membutuhkan petugas yang ahli dibidang ini.
4.      Wisata olahraga
Wisata olahraga ini dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu wisata olahraga alami seperti panjat tebing memgandalkan tebing dari alam dan wisata olahraga hasil modifikasi masyarakat seperti tennis, golf dan kegiatan keolahragaan lainnya.
5.      Kegiatan kebudayaan
Beberapa contoh kegiatan kebudayaan yang bisa dilakukan wisatawan di pedesaan adalah kunjungan ke situs bersejarah, belajar tentang warisan budaya di desa tersebut, bercocok tanam, belajar membuat kerajinan masyarakat dan lain sebagainya.
6.      Kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan
Beberapa kegiatan yang berfungsi untuk merefresh organ tubuh seperti fitness, berlatih pertahanan diri, spa dan mengunjungi resort kesehatan.
7.     Passive activities
Kegiatan ini lebih kepada menikmati pemandangan alam pedesaan, relaksasi tubuh, fotografi, dan mempelajari alam sekitar. 
8.      ‘Hallmark’ events
Kegiatan ini merupakan bagian dari pengadaan pertunjukan yang murni berasal dari daerah tersebut dengan tujuan untuk menghibur wisatawan yang datang dan memperkenalkan pertunjukan itu ke khalayak luas, seperti contohnya festival keolahragaan dan pertunjukan agrikultur
9.      Kegiatan bisnis
Kegiatan ini erat kaitannya dengan bisnis seperti konvensi atau konferensi kecil, pariwisata intensif yang dilakukan dipedesaan. 

Comments

Popular posts from this blog

Kesenian Indonesia : Wayang Antareja dan Sifat Saya

Gambang Semarang

Proses Pergeseran Benua