Resume MDW 1 : Pemberdayaan Masyarakat



Pengertian pemberdayaan memiliki makna yang luas, berasal dari bahasa inggris 'empowerment' dari kata dasar ‘power’ yang artinya kekuatan atau daya. Pemberdayaan dapat memiliki makna memampukan dan memandirikan masyarakat. Secara umum pemberdayaan berarti serangkaian upaya atau kemampuan untuk membangun masyarakat dengan cara meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarakat yang tidak berdaya karena kondisi kemiskinan maupun keterbelakangan.

Dalam pemberdayaan, dikenal istilah powerfull atau pihak yang memiliki kekuatan, dimana pihak ini bersifat menguasai pihak yang diberdayakan yang disebut powerless. Pihak yang mengakui dirinya sebagai pemberdaya, dalam suatu lingkungan tidak disukai oleh masyarakat karena membatasi gerak masyarakat lemah. Untuk mengatasi hal ini berdasarkan pilar pemberdayaan, maka pengembangan masyarakat dapat dilakukan dengan cara pemungkinan, penguatan, dan perlindungan.

Pertama, pemungkinan yaitu menciptakan suatu suasana agar potensi masyarakat tersebut dapat berkembang secara optimal dengan cara melihat masalah yang terjadi di tengah masyarakat dan menyesuaikan sumber daya yang dapat mendukung perkembangan potensi tersebut. Kedua, penguatan yaitu memberikan motivasi dan memperkuat pengetahuan serta kemampuan yang dimiliki kepada masyarakat untuk  dapat memecahkan suatu masalah dan memenuhi kebutuhannya. Fungsinya agar kemandirian masyarakat secara teratur timbul dan menciptakan kemampuan dalam mengembangkan usahanya. Ketiga, perlindungan yaitu melindungi masyarakat khususnya kelompok lemah dari kelompok kuat karena pada dasarnya pemberdayaan harus dapat membebaskan masyarakat dari semua hal yang sifatnya membatasi.

Pemberdayaan menjadi salah satu alternatif untuk mensejahterakan masyarakat dalam suatu pembangunan bangsa, dengan adanya 4 prinsip seperti kepemimpinan, kemitraan, patungan dan keswadayaan yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan kepada pihak -  pihak yang tidak berdaya agar dapat mengatasi masalah hidup yang ada,  serta merupakan cara efektif untuk pengentasan kemiskinan.

Comments

Popular posts from this blog

Kesenian Indonesia : Wayang Antareja dan Sifat Saya

Gambang Semarang

Proses Pergeseran Benua